Cara Mudah Budidaya Bawang Merah dengan Hasil Melimpah

biogotogrow pupuk untuk tanaman bawang

Tanaman bawang merah yang bisa tumbuh dengan mudah di seluruh wilayah Nusantara ini–
adalah jenis tanaman dengan segudang manfaat. Di dapur, bawang merah adalah bahan wajib untuk membumbui aneka masakan agar sedap. Bawang merah pun bermanfaat untuk kesehatan, seperti mengobati maag, mengurangi gula darah, menguatkan tulang, bahkan hingga mencegah kanker….

 

Agroprobiotik.com – Lantas, bagaimanakah dengan cara budidaya bawang merah? Mudahkan tanaman kaya manfaat ini dibudidayakan?

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah: MUDAH ! Ya, untuk bertanam bawang merah terbilang mudah dan sederhana. Budidaya bawang merah bahkan bisa dilakukan di lahan sempit, cukup memakai polibag. Bahkan bisa dengan teknik hidroponik dan tanpa harus belepotan dengan tanah.

Nah, berikut ini adalah cara-cara dan langkah-langkah sederhana dan ringkas untuk budidaya bawang merah. Memang terdengar sederhana caranya, namun sangat maksimal dan sangat melimpah hasilnya:

  1. Memilih benih Bawang Merah yang berkualitas

budidaya bawang merah
Memilih Bibit Bawang Merah Berkualitas

Langkah awal dalam budidaya bawang merah adalah dengan cermat dan hati-hati memilih benih bawang merah. Pilihlah benih yang berkualitas baik dan sehat. Benih bawang merah yang sehat adalah jenis benih yang diambil dari bawang merah yang dipanen dalam usia tua, dalam kisaran antara 80 – 100 hari dengan ukuran dalam kisaran antara 1,5 sampai 2 cm. Pilihlah umbi yang berbentuk bagus, utuh, tidak cacat dan berwarna merah tua mengkilap. Selanjutnya, simpanlah bakal benih ini selama 2-3 bulan.

  1. Mengolah tanah Sebelum Tanam

M21 probiotik pengolah lahan subur
M21 probiotik pengolah lahan agar menjadi subur

Mengolah tanah atau lahan adalah langkah penting untuk memastikan bibit bisa tumbuh sehat. Karena lahan atau tanah adalah tempat hidup yang sekaligus pemasok nutrisi bagi semua tanaman. Lakukan olah tanah dengan membajak lahan dengan kedalaman sekitar 40 cm. Kemudian buatlah gulutan dengan tinggi 50 cm, lebar 100 cm dan jarak antar bedeng 50 – 60 cm. Setelah bedengan siap, taburkan pupuk kandang. Untuk memaksimalkan hasil, semprotlah lahan dengan air yang dicampur dengan probiotik pengolah lahan yaitu M21 Decomposer ( Klik untuk video : cara aplikasi m21 decomposer ). Dalam tiap tangki ukuran 16 liter campurlah dengan 2 tutup kemasan probiotik pengolah lahan M21 Decomposer. Setelah itu, tutup bedengan tersebut dengan mulsa plastik.

Tujuan pemberian Probiotik Pengolah Lahan M21 Decomposer adalah untuk meningkatkan derajat kesuburan dan kesehatan tanah. Formula probiotik akan bekerja untuk meningkatkan kineja bakteri baik dalam tanah, membuang mikroba jahat atau patogen tanah, mempercepat proses pengomposan dalam tanah, meremediasi atau menetralisasi residu kimia dan logam berat pada tanah, dan memperbaiki struktur tanah dan ekosistem alam yang rusak. Singkat kata, struktur tanah akan menjadi sehat, dan tanah berkualitas tinggi karena kesuburannya yang alamiah.

  1. Mengatur jarak tanam Bawang Merah

Tanaman bawang merah akan tumbuh maksimal dengan jarak tanam yang tepat pada saat musim yang tepat pula. Jarak tanam yang digunakan pada saat musim kemarau adalah 15 x 15 cm. Sedangkan pada musim hujan adalah 20 x 20 cm. Terapkanlah dengan benar dan jangan sampai terbalik.

  1. Menanam batang atau umbi

biogotogrow pupuk untuk tanaman bawang
Merendah Bibit Bawang Merah yang sudah dipilih dengan biogotogrow akan menghasilkan Bawang Merah yang Berkualitas

Sebelum melakukan penanaman bibit bawang merah, sebaiknya umbi bawang merah direndam dulu ke dalam formula probiotik pupuk hayati BIOTOGROW. Rendamlah selama 15 – 30 menit saja dengan menggunakan BIOTOGROW yang dicampurkan ke dalam air dengan komposisi satu ember air dicampurkan dengan 2 tutup BIOTOGROW. Tujuan perendaman ini adalah untuk membersihkan benih bawang merah agar terbebas dari semua patogen yang bisa menginfeksi benih sekaligus mempercepat pertumbuhan tunas nantinya. Kemudian, tanamlah umbi benih bawang merah. Benih atau umbi harus terbenam ke dalam tanah secara rata. Dalam hitungan 7 hari sampai 10 hari, bibit akan memunculkan tunas yang sehat dan rapi.

  1. Menyemprotkan Pupuk Hayati Biotogrow (berbasis probiotik)

pupuk cair tanaman bawang merah
Probiotik Biotogrow akan memaksimalkan pertumbuhan dan hasil panen tanaman bawang merah

Pupuk hayati atau pupuk probiotik BIOTOGROW mampu merangsang pertumbuhan anakan umbi bawang menjadi banyak dan ukuran diameter umbi bawang merah menjadi lebih besar. Setelah bawang merah tumbuh, pada saat umur 7 hari setelah tanam (HST), semprot dengan pupuk hayati BIOTOGROW dengan dosis 2 tutup per tangki (ukuran 16 liter) dan ulangi setiap 1 minggu sekali. Waktu penyemprotan sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum jam 09.00 WIB atau sore hari setelah jam 16.00 WIB. Dengan pemupukan rutin mingguan ini akan meningkatkan sistem kekebalan (sehingga tahan penyakit), memperkuat pertumbuhan bunga dan buah (sehingga tidak mudah rontok).

  1. Mengairi dan menyiangi

Pengairan untuk budidaya tanaman bawang merah harus menyesuaikan dengan kondisi tanah dan tanaman. Bersamaan dengan pemberian air, lakukan juga penyiangan gulma untuk menghindari persaingan penyerapan nutrisi antara gulma dan tanaman bawang agar bawang tetap memiliki nutrisi yang cukup.

  1. Memanen bawang merah

Dalam kisaran 60 sampai 90 hari, bawang merah akan sudah siap dipanen. Tanda-tanda dari tanaman bawang merah siap panen bisa dengan mudah diamati, yakni sebagai berikut

  1. Dauh mulai berjatuhan atau rebah di tanah
  2. Warna daun tampak kuning pucat dan mengering
  3. Pangkal batang lemas
  4. Buah bawang merah berbentuk sempurna, berwarna merah mengkilap, dan bertekstur keras
  5. Tercium aroma khas dari buah bawang merah

Bila tanaman bawang merah sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut di atas, maka tanaman bawang merah sudah siap dipanen. Panenlah segera dan bersiaplah menerima hasil panen yang maksimal, melimpah dan memuaskan.

Hasil panen yang memuaskan ini kiranya tidak sekedar bermanfaat bagi para petani (makin sehat dan makin sejahtera), namun juga bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi komoditas hortikultura Nusantara yang sungguh luar biasa melimpah ruah ini.

Salam Bertani Cerdas, Bertani Sukses….. !!!

Biotogrow… Panen Tenan…!!!

 

=============================
IZIN DEPTAN BiotoGROW :
03.02.2019.012

Temukan Kami di :

Facebook : biotogrow

Youtube : PUPUK ORGANIK PROBIOTIK

Website : www.agroprobiotik.com

Instagram:  www.instagram.com/nutrisi_organik_probiotik

 

Untuk Pemesanan Klik Link berikut ini

 

whatsapp link biotogrow

Pencarian dari Google :

Related posts

Leave a Comment