Mengenal 5 Ciri Tanah Subur

ciri tanah subur

agroprobiotik.com – Berbicara tentang pertanian, perkebunan ataupun tanam tanaman maka pasti tak lepas dari membicarakan tentang tanah atau media tanam, ya karena peranan tanah adalah faktor utama dalam budidaya tanaman. Tanah subur maka tanaman akan subur juga, jika tanah kurang subur atau bahkan tidak subur maka tanaman juga akan tidak subur.

Maka sebelum terjun kedalam dunia budidaya tanaman perlu pengetahuan tentang tanah, yang pertama adalah tentang tanah subur, apakah yang dimaksud dengan kesuburan tanah ? dan apa ciri-ciri tanah subur itu ? dan termasuk kita harus mengenali tentang jenis tanah maupun sifat tanah ( sifat tanah dan cara menetralkan bisa dilihat di http://agroprobiotik.com/cara-menetralkan-ph-tanah-untuk-sukses-budidaya-padi/ )

Dengan mengetahui kondisi tanah dengan mengenal ciri tanah subur atau tidak subur maka seorang akan bisa menentukan tindakan apa yang akan dilakukan, karena langkah awal dalam budidaya tanaman adalah mempersiapkan tanah atau media tanam yang baik. Tentunya jika tanah bisa kita ubah menjadi tanah subur maka hasil tanaman yang baik tentunya lebih besar harapannya.

Baik yang pertama mari kita bahas tentang :

Apakah yang dimaksuk dengan kesuburan tanah itu ?

Yang dimaksud dengan kesuburan tanah adalah keadaan atau kondisi tanah ( dengan berbagai unsurnya baik unsur biologi, kimiawi dan fisika ) dalam mendukung pertumbuhan tanaman yang ditanam didalamnya. Jika unsur tanah komplit dan seimbang sehingga mampu mendukung pertumbuhan tanaman dengan baik maka itu disebut dengan Tanah yang subur.

Kondisi kesuburan tanah bisa berubah-ubah karena adanya faktor faktor yang mempengaruhinya. Tanah subur bisa jadi suatu saat tidak subur lagi, seperti karena faktor lapisan tanah yang hanyut atau terkena erosi, penyerapan unsur hara dalam humus oleh salah satu jenis tanaman yang over, pengolahan tanah yang salah dan sebagainya.

Sebaliknya tanah yang tidak subur atau tanah kurang subur bisa diupayakan untuk menjadi tanah subur, misalkan dengan pemberian bahan organik, pemberian mikrobakteri yang mengembalikan unsur biologi tanah, dan sebagainya.

Kesimpulannya Kesuburan tanah bisa berubah dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya, dan tanah yang tidak subur bisa direkayasa untuk menjadi tanah yang subur.

Bagaimana Ciri-ciri tanah subur ?

Bagi para petani tanah subur adalah impian, maka disini pengetahuan tentang kesuburan tanah sangat diperlukan, berikut ini adalah ciri tanah subur

1. Ciri tanah subur adalah memiliki LAPISAN HUMUS, semakin tebal maka semakin subur

lapisan humus ciri tanah subur
lapisan humus ciri tanah subur

Salah satu ciri tanah subur ditandai dengan adanya lapisan humus, ketebalan lapisan humus dalam tanah menandakan tingkat kesuburan tanah tersebut.

Dalam lapisan Humus kaya akan bahan organik dan unsur Hara. Unsur hara sangat diperlukan oleh tanaman sebagai bahan baku proses fotosintesis. Lapisan humus yang berongga memungkinkan untuk menyerap air dengan baik, sehingga kebutuhan tanaman akan air bisa tercukupi.

Humus sendiri terbentuk dari proses pelapukan bahan bahan organik seperti daun, ranting, batang, kotoran hewan maupun hewan itu sendiri. Bahan-bahan tersebut mengalami proses perombakan oleh organisme tanah.

Humus biasanya berwarna hitam kecoklatan dan memiliki tekstur yang gembur.

Detail tentang Humus akan dibahas di artikel selanjutnya

2. Ciri Tanah Subur adalah Memiliki PH yang Netral

ph Netral ciri tanah subur
ph Netral ciri tanah subur

pH tanah adalah istilah untuk menyebutkan derajat atau tingkat keasaman tanah. Terlalu Asam maka disebut tanah asam, dan sebaliknya semakin tidak asam maka disebut tanah basa.

Tingkat keasaman tanah di simbolkan dengan angka 0-14

baca Cara mengetahui ph Tanah tanpa alat ph Meter

pH tanah normal atau netral pada kisaran 6-8, dan ideal pada kisaran 6,5 – 7,5 . Jikalau pH tanah normal atau bahkan ideal maka akan sangat membantu tanaman lebih mudah menyerap ion-ion unsur hara dan mikroorganisme akan terjaga dengan baik. Karena ph yang netral menjamin kelangsungan dan perkembangan mikroorganisme tanah dengan baik. pH tanah yang netral adalah ciri tanah subur

3. Ciri Tanah Subur adalah Memiliki Tekstur Lempung

ph Netral ciri tanah subur
ph Netral ciri tanah subur

Tekstur lempung adalah salah satu ciri tanah subur, karena tekstur tanah lempung bisa untuk mengikat berbagai mineral yang dibutuhkan agar tidak mudah hanyut atau terkikis terbawa air. Namun demikian kadar lempung harusnya normal dan biasanya terletak lapisan yang ada di tengah, selain itu kandungan pasir juga mencukupi yang berfungsi untuk menangkap air dan dapat diserap oleh tanah dengan baik.

4. Ciri Tanah Subur adalah Memiliki Kaya dengan Biota Tanah

biota tanah ciri tanah subur
biota tanah ciri tanah subur

Biota Tanah selain bisa menyuburkan tanah juga berfungsi sebagai indikator atau parameter yang menunjukkan ciri tanah subur. Karena biota tanah tersebut bisa hidup dalam kadar ph tanah yang tidak ekstrim. pH tanah yang netral adalah tempat hidup yang disukai oleh biota tanah. Tanah yang dihuni oleh biota tanah juga menunjukkan bahwa didalam tanah tersebut tersedia berbagai bahan organik yang dibutuhkan biota tanah termasuk mikroargamisme dan mikroflora untuk menunjang kehidupannya. Ketika biota tanah tersebut ditemukan dalam tanah maka bisa dikatakan tanah tersebut termasuk tanah yang subur. Kehadiran biota tanah tersebut menjadi ciri tanah subur

5. Ciri Tanah Subur adalah Memiliki Banyak Ragam Tanaman yang Tumbuh

banyak tanaman ciri tanah subur
banyak tanaman ciri tanah subur

Ketika kita menemukan banyak jenis tanaman yang tubuh disuatu tempat maka boleh dikatakan bahwa tanah itu subur. Ya.. karena banyaknya jenis tanaman disuatu tempat adalah salah satu dari ciri tanah subur. Semakin banyak dan beragam tanaman yang tumbuh maka semakin baik kualitas kesuburan tanah tersebut.

Demikianlah diantara ciri ciri tanah subur. Apabila mendapati tanah dengan tanda tersebut itu sebagai petunjuk bawa tanah tersebut subur. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan, mengelola dan merawat kesuburan tanah tersebut.

Ingat .. kesuburan tanah bisa berubah karena berbagai faktor, tanah yang dulunya subur bisa menjadi tidak subur jika kita tidak bisa menjaga, merawat dan mengolahnya dengan baik dan Tanah yang dulunya tidak subur bisa diupayakan menjadi tanah yang subur. Tentunya pengolahan tanah yang baik dengan teknologi yang tepat adalah cara cerdas untuk merubah tanah tidak subur menjadi tanah yang subur.

Lantas Bagaimana cara menjaga, merawat tanah yang sudah subur, dan bagaimana cara mengembalikan kesuburan tanah ketika tanah menjadi tidak subur ?

 

Solusi Cerdas dari pertanyaan tersebut ada pada teknologi microbakteri terkini yang ada pada formula DUO AMPUH. M21 Decomposer dan BiotoGROW .

M21 Decomposer sebagai Pengolah lahan atau Media tanamnya dimana tanaman akan di budidayakan dan BiotoGROW sebagai Perawatan Tanamannya dari Awal Penanaman sampai Panen.

Dengan formula yang mengandung mikrobakteri komplit nan unggul, unsur hara mikro dan makro, hormon pertumbuhan maka Sinergi DUO AMPUH yaitu BiotoGROW dan M21 Decomposer mampu menjaga, merawat, meningkatkan dan menyehatkan Hasil Panen, sekaligus menjaga dan mengembalikan kesuburan tanahnya.

 

TEKNOLOGI DUO AMPUH, BiotoGROW dan  M21 DECOMPOSER adalah Solusi Cerdas dalam Menjaga, Merawat Tanaman dari  Awal Tanam sampai Penen sekaligus menjaga dan Mengembalikan Kesuburan Tanahnya

 

=============================

Temukan Kami di :

Facebook : biotogrow

Youtube : PUPUK ORGANIK PROBIOTIK

Website : www.agroprobiotik.com

Instagram:  www.instagram.com/nutrisi_organik_probiotik

 

Untuk Pemesanan Klik Link berikut ini

 

whatsapp link biotogrow

Pencarian dari Google :

Related posts

Leave a Comment