MICROGEN Nutrisi Ternak Probiotik UNTUK AYAM PETELUR

ayam petelur manrabs

Dewasa ini, Ayam menjadi suatu komiditi peternakan yang diusahakan secara intensif. Baik ayam untuk diambil dagingnya atau ayam yang akan diambil terlurnya atau ayam petelur. Nah tujuan usaha ini menjadikan pemeliharan ayam menjadikan peternakan harus intensif dalam sistem pemeliharaanya agar tujuanyang diharapkan bisa menghasilkan maksimal. Ayam petelur menjadi salah satu komoditi yang menjanjikan. Konsumsi telur dimayarakat indonesia sangat tinggi. Sehingga peternakan dengan tujuan ayam petelur pun harus lebih baik.

Proses bertelur adalah proses reproduksi yang merupakan suatu proses perkembangbiakan untuk menghasilkan keturunan guna mempertahankan kelangsungan hidup dari suatu makhluk hidup. Dalam suatu peternakan, seperti ayam petelur, reproduksi tidak hanya bertujuan menghasilkan keturunan guna mempertahankan kelangsungan hidup, tetapi juga untuk meningkatkan jumlah produksi telur.

Selain kuantitas atau jumlah produksi telur, kualitas telur juga menjadi nilai sendiri.

 

microgen nutrisi ayam petelur
microgen nutrisi ayam petelur

Kualitas telur adalah istilah umum yang mengacu pada beberapa standar yang menentukan baik kualitas internal maupun eksternal. Kualitas eksternal difokuskan pada kebersihan kulit, bentuk, warna kulit, tekstur permukaan, dan keutuhan telur. Kualitas internal mengacu pada putih telur (albumin), ukuran rongga udara, dan kondisi kuning telur.

Selain permasalahan kuantitas dan kualitas telur, muncul juga permasalahan stress karena proses peternakan ayam itu sendiri. Pemeliharaan secara intensif cenderung menjadikan ayam stres. Akibat yang ditimbulkan karena stres menjadikan kondisi tubuh ayam yang menurun. Menurunya kondisi tubuh diikuti penurunan produksi dan produktivitas yang rendah. Untuk menghindari penurunan produksi dibutuhkan asupan pakan yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga mampu meningkatkan produktivitas ayam kampung yang lebih baik.

Pakan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas telur. Namun, yang menjadi masalah dalam penyediaan pakan adalah tingginya biaya pakan yang disebabkan oleh beberapa dari bahan penyusunnya masih harus diimpor seperti jagung dan bungkil kedelai.

Untuk itu perlu ada formula khusus agar dapat meningkatkan produksi terlur dan meningkatkan kualitas telur, meningkatkan ketercenaan pakan sehingga bisa hemat pakan, menurunkan angka kematian ayam dan lain sebagainya.

Ayam Peterlu
Ayam Petelur

Salah satu formula yang sedang berkmebang saaat dan terbukti memberikan manfaat yang baik adalah produk berformula mikrobakteri, probiotik.

 

Saat ini hadir formula herbal probiotik bagi ayam petelur, MICROGEN

Yaitu Formula Nutrisi Herbal Probiotik , yang memadukan teknologi kultur mikrobakteri terkini, dipadukan dengan ekstrak kedelai (Glycine max) Sebagai sumber fitoestrogen. Juga mengandung ekstrak jahe dan kunyit serta berbagai mikroorganisme yang bermanfaat sehingga meningkatkan produksi telur dan meningkatkan kualitas telur.

 

Kedelai (Glycine max)

Salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan adalah ampas kedelai yang cukup banyak ketersediaannya tetapi pemanfaatannya masih terbatas. Hal ini disebabkan karena ampas kedelai mengandung anti nutrisi seperti tripsin inhibitor yang dapat mengganggu pertumbuhan unggas (Muis et al., 2010). Di samping itu, Sowmen et al. (2009) dan Misnadi (2009) menyatakan bahwa ampas kedelai memiliki kandungan air dan serat kasar yang tinggi, sementara unggas terbatas kemampuannya dalam mencerna serat kasar.

Untuk itu perlu pengolahan ampas kedelai menggunakan teknologi fermentasi guna mendegradasi ikatan -(1,4) glikosidik dari ampas kedelai untuk membebaskan  glukosa,  sehingga akan meningkatkan kecernaan dan ketersediaan zat-zat gizi bagi ternak yang pada akhirnya akan menurunkan kandungan serat serta meningkatkan kecernaan proteinnya.

Faktor penunjang keberhasilan reproduksi adalah organ reproduksi, proses reproduksi, dan kadar hormon reproduksi yang normal. Hormon reproduksi yang berperan dalam kinerja reproduksi yaitu luteinizing hormone (LH), follicle stimulating hormone (FSH), dan estrogen (Suprihatin, 2008).

Disinilah peran kedelai dalam meningkatkan produktivitas telur dan kualitas telur.Sistem hormonal berperan penting dalam proses reproduksi. Kedelai akan berperan sebagai fitoestrogen, sebagai penghasil hormon estrogen. Menurut Papaji (2009), pada unggas estrogen berperan dalam proses pembentukan folikel yang membutuhkan protein yang disintesis oleh hati. Proses sintesis protein tersebut akan berjalan apabila ada hormon estrogen yang menstimulasi, yang didapatkan dari dalam tubuh atau dengan pemberian bahan lain dalam pakannya, seperti ampas kedelai.

 

Avicennia marina (Forssk.)

Mungkin bagi sebagian kita masih asing dengan tanaman Avicennia marina (Forssk.). Avicennia  marina  adalah salah satu jenis mangrove yang masuk ke dalam kategori mangrove mayor. Status tersebut menyebabkan A. marina hampir selalu ditemukan pada setiap ekosistem mangrove. Masyarakat mengenal A. marina sebagai api-api putih.

Makanan ternak;  Daun digunakan untuk pakan ternak unta di wilayah sekitar Laut Merah, India dan Australia (Duke, 1983).  Pada daerah-daerah pantai di Indonesia daun api-api juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pakan kambing. Hasil analisis daun A. marina menunjukkan bahwa kandungan vitamin B sebesar 2,64 mg/100 g, vitamin C nya sebesar 15,32 mg/100 g,

serat sebanyak 8,7% dan karbohidrat sebanyak 13% dan kandungan mineral yang tinggi sehingga pemanfaatannya sesuai sebagai sumber hijauan pada pakan ternak. Sumber serat bermanfaat untuk pakan ternak dan karbohidrat sebagai sumber energi bagi hewan ternak. Senyawa mineral yang teridentifikasi pada daun adalah kalsium, kalium, dan natrium dalam jumlah yang tinggi. Adanya mineral makro tersebut, dapat memperkaya kandungan nutrisi pakan ternak (Kusmana et al ., 2009).

 

KUNYIT (Curcuma domestica) DAN JAHE (Zingiber officinale)

Komposisi lain adalah kombinasi esktrak kunyit dan jahe, yang menurut riset keduanya dapat Meningkatkan karakteristik usus dan mikroflora usus pada ayam.

Kunyit dan jahe dapat digunakan sebagai antibiotik alami karena mempunyai kemampuan dalam menekan mikroba patogen, memberikan kekebalan dan daya tahan tubuh, memperbaiki penampilan produksi dan sebagai appetizer. Bahkan kunyit dilaporkan dapat digunakan untuk menangkal virus flu burung (Chen  et al., 2010). Kunyit mengandung zat kurkumin yang mempunyai khasiat sebagai antibakteri dan dapat merangsang dinding kantung empedu untuk mengeluarkan cairan empedu sehingga dapat memperlancar metabolisme lemak. Jahe selain mengandung minyak atsiri juga mengandung dua enzim pencernaan yang sangat penting, yaitu protease dan lipase. Protease berfungsi memecah protein dan lipase berfungsi memecah lemak.  Senyawa aktif yang terdapat dalam jahe dan kunyit seperti minyak atsiri, kurkumin dan oleoresin rentan hilang, berkurang atau bahkan rusak akibat penggilingan dan pemanasan (Natsir et al., 2013).

 

Kandungan Mikroorganisme ( Probiotik ) Pada Microgen Spesial Ayam Petelur

Kandungan mikroorgansime didalam microgen sangat bermanfaat, yakni Kandungan lactobacillus dapat meningkatkan konsumsi pakan, retensi lemak, protein, kalsium, kuprum dan mangan pada hewan ternak, termasuk ayam. Kandungan Rhodopsedomonas sp, Actinomycetes, Yeast/Saccharomyces, Streptococcus dapat meningkatkan kecernaan zat gizi, dan dapat memperbaiki performa hewan ternak.

 

Multivitamin dan Mineral

Microgen juga mengandung mineral dan multivitamin yang akan menyeimbangankan nutrisi dalam tubuh hewan ternak tersebut dan mempercepat pemulihan setelah sakit.

Kandungan atau komposisi MICROGEN AYAM PETELUR yang lengkap ini, akan menjadikan formula microgen menjadi formula unggul bagi ayam petelur dan tentunya aman karena berasal dari tanaman tradisional dissekitar kita. Manfaatnya antara lain

  • Meningkatkan Produksi telur
  • Meningkatkan kualitas telur
  • Kerabang telur coklat merata
  • Cangkang lebih tebal/tidak mudah retak
  • Putih telur lebih kental
  • Kuning telur lebih kental
  • Mengurangi bau amis pada telur
  • Dapat disipman sampai 1,5bulan pada suhu ruang
  • Meningkatkan ketercanaan pakan dan zat gizi
  • meningkatkan konsumsi pakan, retensi lemak, protein, kalsium, kuprum dan mangan pada ayam
  • Menurunkan angkat kematian ayam
  • Dll

 

Cara Pemakaian BiotoGOLD Microgen Spesial Untuk Nutrisi Ayam Petelur

  • Untuk Sterilisasi Kandang Ayam Petelur :

(Sehari sebelum DOC masuk kandang) Semprotkan microgen ke kandang dan sekitarnya.
Dosis 4 ml microgen : 1 Liter air (semprot kabut)

  • Aplikasi Pada Air Minum Ayam Petelur:

(dari DOC masuk hingga ayam dipanen)
Dosis 1 ml microgen : 1 Liter air minum ayam.
Pemberiannya setiap hari sesuai dosis agar hasilnya maksimal.

  • Aplikasi Pada Pakan Ayam Petelur:

Untuk meningkatkan NILAI NUTRISI PAKAN ayam agar terserap maksimal.
1 ml microgen + 1 Liter air dicampurkan merata ke dalam 2 Kg Pakan.

  • Untuk Kesehatan Lingkungan Kandang/Mencegah Infeksi Penyakit :

Semprotkan microgen ke bagian kandang setiap 5 hari.
Dosis 1 ml microgen : 1 Liter air (semprot kabut).

Besarnya manfaat MICROGEN initentunya menjadikan microgen pilihan utama kita. Sehat ayam nya, baik kualitas telurnya, sehat pula yang mengkonsumsinya.

Walalhu ta’ala a’lam

 

 

Referensi

  • Avicennia marina (Forssk.) Vierh JENIS MANGROVE YANG KAYA MANFAAT . Balai Penelitian Kehutanan Makassar .
  • Yohanna Putri, dkk. Efek Pemberian Ampas Kedelai Nonfermentasi Dan Yang Difermentasi Aspergillus Niger Terhadap Jumlah Folikel Telur Ayam Kampung (Gallus Domesticus). Program Studi Pendidikan Dokter Hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
  • Witantri, E. Suprijatna, dan W. Pengaruh Penambahan Tepung Jahe Merah (Zingiber Officinale Var Rubrum) Dalam Ransum Terhadap Kualitas Telur Ayam Kampung Periode Layer (Effect Of The Addition Of Red Ginger Flour In The Ration On The Quality Of Native Chicken Egg Layer Period) . Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang

Pencarian dari Google :

Related posts

Leave a Comment