Mulsa organik dan Anorganik, Apa Bedanya?

Mulsa atau material penutup dan pelindung yang berada di permukaan tanah yang berfungsi menghalangi hilangnya air akibat penguapan dan melindungi tanah dari tanaman penganggu. Dengan adanya mulsa, benih-benih gulma akan sangat terhalang.

Dari bahan asalnya mulsa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Mulsa organik

Mulsa Organik adalah mulsa yang terbuat dari bahan-bahan sisa pertanian misalnya jerami padi, batang jagung, batang kacang tanah, daun, pelepah daun pisang, dan lain sebagainya.

Mulsa organik mudah di dapat dan lebih ekonomis ketimbang mulsa anorganik, namun mulsa organik tidak selalu tersedia.

 

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan dari mulsa organik:

 

  • Dapat diperoleh dengan mudah dan tidak memerlukan biaya untuk memiliki bahan-bahan mulsa organik karena bahan-bahan mulsa organik berasal dari sisa sisa pertanian yang biasanya tidak terpakai dan dibuang.
  • Mulsa organik dapat menurunkan suhu tanah sehingga baik untuk tanaman.
  • Mulsa organik dapat menekan erosi
  • Mulsa organik dapat menghambat pertumbuhan tanaman
  • Pemakaian Mulsa organik dapat menambah bahan organik yang berguna untuk tanah agar tanah tidak lapuk, karena pada waktu tertentu tanah dapat lapuk dan berbahaya bagi tanaman.

 

Selain kelebihan-kelebihan diatas, adapun kekurangan dari penggunaan mulsa organik:

 

  • Bahan-bahan mulsa organik tidak selalu tersedia karena bergantung dari sisa-sisa pertanian, sehingga tersedia hanya pada saat musim panen tanaman
  • Hanya tersedia di sekitar tempat budidaya padi sehingga daerah yang jauh dari tempat budidaya padi membutuhkan biaya tambahan untuk transportasi menuju tempat budidaya padi.
  • Mulsa organik hanya dapat dipakai untuk 1 kali masa tanam saja, sehingga untuk masa tanam berikutnya mulsa organik tidak dapat dipakai kembali.

 

 

  1. Mulsa Anorganik

Mulsa anorganik adalah mulsa yang terbuat dari bahan kimia dan juga plastik. Jenis mulsa plastik pada umumnya dibedakan berdasarkan warna dan intensitas cahaya yang diteruskan, dapat berupa mulsa plastik hitam, merah, putih, biru, perak, bening dan lain-lain Warna mulsa yang berbeda-beda akan menentukan energi radiasi matahari yang diterima dan akan berdampak ada suhu tanah dari tanaman. Selain itu, cahaya yang dipantulkan ke permukaan mulsa plastik dapat berpengaruh kepada kondisi lingkungan sekitar tanaman.

 

Berikut beberapa keuntungan dalam penggunaan mulsa Anorganik/ mulsa plastik:

 

  • Mulsa plastik dapat mengurangi evaporasi karena dengan tertutupnya tanah dengan mulsa plastik kehilangan air akibat evaporasi akan berkurang. Selain itu dengan mulsa plastik dapat menjaga kelembaban tanah dan meningkatnya kebutuhan air bagi tanaman.
  • Dengan mulsa plastik dapat meningkatkan produksi tanaman. Peningkatan suhu tanah akan memacu pertumbuhan tanaman dan mempercepat masa panen ketimbang dengan mulsa
  • Mulsa plastik dapat mengurangi kehilangan hara dari pupuk. Penggunaan mulsa plastik mampu menjaga nutrisi bagi tanaman menjadi lebih efisien.

Namun, ada beberapa kekurangan dari mulsa plastik yaitu sebagai berikut ini:

  • Harga Mulsa plastik relatif mahal ketimbang mulsa
  • Ongkos produksi awal yang lebih besar, penggunaan mulsa plastik membutuhkan bahan serta alat-alat pemasangan yaitu lembaran plastik, pembuatan lubang untuk menaruh tanaman, pengelohan tanah, akan meningkatkan ongkos produksi.
  • Mulsa plastik yang sudah tidak terpakai akan menjadi limbah dimana limbah mulsa plastik sangat sukar terurai oleh tanah.

Grow Lovers, setelah mengetahui perbedaan pada dua jenis mulsa beserta kelebihan dan kekurangannya tak bingung lagi dalam menyesuaikan jenis mulsa apa yang lebih baik digunakan pada tanamanmu.

 

Baca juga: Teknik Pasang Mulsa Tanaman Cabai

 

Selain memilih penggunaan mulsa perlu diketahui bahwa pengolahan tanah yang baik  juga akan mempengaruhi pertumbuhan dan hasil panen tanaman yang kamu budidayakan. Jadi, olah tanahmu dengan baik. Gunakan formula olah tanah alami mengandung probiotik.

M-21 DECOMPOSER adalah formula ANDAL dan TERPERCAYA untuk pengolahan lahan. M-21 DECOMPOSER  sudah terbukti sebagai formula ampuh PENDONGKRAK PANEN YANG TERUJI yang berbasis teknologi mikrobakteri termutakhir untuk solusi pertanian masa kini dan masa depan.

Solusi pertanian masa depan, DUO AMPUH, Biotogrow dan M21 DECOMPOSER demi tanah subur dan hemat pupuk kimia. Tidak mencemari lingkungan, aman dan hemat.

 

Baca juga: M21 Decomposer Formula membuat Pupuk Organik Alami

 

Yuk Suburkan Negeri, Sukseskan Petani!

Biotogrow PANEN TENAN!

 

Sumber: https://agrotek.id/perbedaan-mulsa-organik-dan-anorganik/

 

Temukan Kami di

Facebook : biotogrow

Youtube : PUPUK ORGANIK PROBIOTIK

Website : www.agroprobiotik.com

Instagram:  https://www.instagram.com/biotogrow_official/

 

Info dan Order:

Jam Kerja:

  • Senin-Sabtu: 08.00 – 16.30 WIB

Phone/ Whatsapp:

  • 0821 3414 1276
  • 0857 2852 4744
  • 0813 9260 5007

atau klik Link berikut ini
https://linktr.ee/biotogrow_official

Related posts

Leave a Comment