PERALATAN BERKEBUN BAGI PEMULA

PERALATAN BERKEBUN BAGI PEMULA

Berkebun kini menjadi mulai populer dilakukan oleh sebagian orang. Di masa pandemi ini banyak pekerja di haruskan untuk bekerja dari rumah masing-masing. Banyaknya waktu luang membuat sebagian orang mencoba melakukan kegiatan baru agar tidak merasa bosan saat berada dirumah, salah satunya adalah berkebun. Kegiatan berkebun ini selain meningkatkan kualitas oksigen di rumah, memperindah rumah, menjaga kesehatan mental, menjaga otot dan sendi, juga bisa dipanen sendiri untuk dinikmati hasilnya. Namun, perlu diketahui ada beberapa alat berkebun yang wajib dimiliki pemula.

  1. Sarung Tangan

Sarung tangan berfungsi sebagai pelindung tangan ketika berkebun dari kotoran, duri tanaman, hewan atau serangga, dan benda asing lain yang ada di tanah.

  1. Cangkul

Cangkul berfungsi untuk menggali tanah untuk membuat lubang pada media tanam, mengambil tanah, atau membolak-balikkan tanah.

  1. Sekop Kecil atau Sekop Tangan

Sekop kecil atau sekop tangan berfungsi untuk mengeruk tanah dalam skala kecil. Bisa digunakan untuk mengeruk tanah yang akan dipindahkan ke pot atau membuat lubang kecil tempat benih atau tempat meletakkan tanaman.

  1. Gunting Ranting dan Gunting Tanaman

Gunting ranting dan gunting tanaman berfungsi sebagai alat potong ranting, daun untuk merapikan tanaman.

  1. Garpu Taman

Alat ini efisien untuk mengurai tanah. Garpu taman dapat menggali dan mengurai tanah yang padat. Garpu taman dapat memudahkan pekerjaan apabila media tanam yang dipakai merupakan tanah yang cukup keras.

  1. Sapu Lidi

Sampah daun dan ranting berserakan adalah hal yang sering ditemui di kebun atau taman. Ketimbang memungutnya satu per satu, sapu lidi efektif untuk menyapu daun yang gugur dan sampah lainnya di atas tanah. Pilihlah sapu lidi yang cocok dengan postur tubuh. Apabila bertubuh tinggi, maka pilihlah sapu yang memiliki sambungan tongkat agar dapat digengam dengan posisi tegak berdiri.

  1. Alat Penyiram Tanaman (Gembor/Pot Siram)

Alat berkebun berupa penyiram tanaman ini wajib ada karena mempermudah menyiram tanaman agar air tidak tumpah kemana-mana. Bentuknya menyerupai cerek air dalam berbagai kapasitas.

  1. Pot

Tidak semua orang memiliki lahan tanah yang bisa dipakai untuk bercocok tanam. Biasanya, orang-orang ini berkebun di atas atap dengan media pot tanaman.

  1. Hand Sprayer Pump

Semprotan di sini berfungsi untuk pemeliharaan bunga atau tanaman dari hama atau jamur. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk menyemprotkan cairan pupuk atau anti-hama/jamur pada bagian tanaman seperti daun, dahan, atau batang.

  1. Pupuk, BiotoGROW dan M-21

Siapkan pupuk kompos yang sudah di fermentasi dengan menggunalan M-21 dan BiotoGROW sebagai pupuk andalan agar tanaman tidak mudah terserang jamur, bakteri dan tumbuh dengan sehat. Baca: Cara Mudah Membuat Pupuk Fermentasi Berkualitas.

(Dari berbagai sumber)

Temukan Kami di

Facebook : biotogrow

Youtube : PUPUK ORGANIK PROBIOTIK

Website : www.agroprobiotik.com

Instagram:  https://www.instagram.com/biotogrow_official/

 

Info dan Order:

Jam Kerja:

  • Senin-Sabtu : 08.00 – 16.30 WIB

Phone/ Whatsapp:

  • 0821 3414 1276
  • 0857 2852 4744
  • 0813 9260 5007

atau klik Link berikut ini
https://linktr.ee/biotogrow_official

 

Related posts

Leave a Comment