Teknik Pasang Mulsa Tanaman Cabai

Sobat Biotogorow pasti tak asing lagi dengan istilah “Mulsa”. Penggunaan mulsa, plastik warna hitam untuk lapisan dibawah dan warna perak untuk lapisan atas sangat diperlukan untuk penanaman cabai pada musim hujan. Tak hanya itu, berikut manfaat dan keuntungan pemakaian mulsa untuk tanaman cabai:

  • Tanaman cabai terhindar dari gulma

Dengan menggunakan mulsa plastik dapat terhindar dari gulma, dikarenakan areal untuk ditanami hanya cukup untuk tanaman yang akan dipelihara, selebihnya akan tertutup oleh mulsa.

  • Mencegah hama dan penyakit pada tanaman cabai

Mulsa plastik umumnya berwarna perak pada bagian atasnya, sehingga dapat memantulkan cahaya dari atas dan dapat mengenai bagian bawah daun sehingga hama yang ada dibawah daun akan terganggu dan bahkan pergi. dan kelembaban dalam tanah bisa stabil

  • Kelembaban tanah pada tanaman cabai terjaga

Dengan menggunakan mulsa dapat menjaga kelembaban didalam tanah, disaat kemarau air tidak mudah menguap dan disaat musim penghujan tidak terjadi genangan atau becek yang mengakibatkan busuknya akar.

  • Tanaman cabai terhindar dari kehilangan pupuk

Pupuk pengolah lahan yang diberikan untuk tanaman tidak mudah hilang terbawa arus air disaat hujan karena pupuk akan terlindungi oleh plastik mulsa dan menjaga unsur hara didalam tanah.

  • Menghemat biaya

Harga yang cukup mahal dari plastik mulsa sebenarnya masih lebih murah jika dilihat dari banyak keuntungan yang didapat menggunakan mulsa plastik seperti terhindar dari gulma, hama dan penyakit sehingga bisa menghemat pembelian pestisida. serta bisa menghemat untuk biaya penyiangan.

  • Meningkatkan produksi panen tanaman cabai

Terhindarnya hama dan penyakit serta menjaga ketersediaan unsur hara mengakibatkan pertumbuhan pada tanaman bisa lebih baik dan dapat menghasilkan produksi dari tanaman dapat meningkat.

  • Tanaman cabai terlihat rapih sehingga mudah untuk pengendalian dan pemupukan

tentunya dengan menggunakan mulsa, areal tanaman akan terlihat rapih dan mempermudah pengendalian hama penyakit serta pemupukan.

  • Mencegah erosi pada bedengan

menggunakan mulsa plastik dapat mencegah terjadinya erosi pada bedengan, sehingga bedengan akan terjaga pada saat hujan.

 

Pemasangan mulsa plastik dibedengan tempat menanam cabai dilakukan setelah bedengan selesai dipupuk. Pemupukan lebih baik jika menggunakan pupuk pengolah lahan, pupuk hayati M21 Decomposer. Selain mencegah akar gada dan busuk pangkal batang pada tumbuhan juga dapat menyuburkan dan menggemburkan tanah serta banyak manfaat yang lainnya apabila tanah diolah dengan M21 Decomposer dan perawatan harian dengan Formua Super Biotogrow.

Teknik dan cara pemasangan mulsa plastik ini sebaiknya dilakukan pada siang hari sewaktu matahari sedang terik-teriknya sehingga mulsa plastik dapat ditarik dan dikembangkan secara maksimal. Alat-alat yang diperlukan untuk pemasangan mulsa plastik adalah pasak bambu berbentuk huruf U, pisau atau gunting untuk memotong mulsa, mulsa platik hitam perak.

Tahap-tahap pengerjaanya :

  • Buat bedengan dengan lebar 100 cm, tinggi 30-40 cm dan jarak antar bedengan 60 cm. Panjang bedengan disesuaikan dengan kondisi lahan, untuk memudahkan pemeliharaan panjang bedengan maksimal 15 meter. Buat saluran drainase yang baik karena tanaman cabe merah tidak tahan terhadap genangan air.
  • Jarak tanam/lubang mulsa yang ideal untuk cabai adalah 50-60 x 60-70 cm.
  • Ujung ujung mulsa plastik ditarik secara bersamaan lalu kedua ujung dipasak dengan menggunakan pasak dari bambu
  • Lalu, salah satu sisanya dipasak bambu dengan jarak setiap 50 cm. Setelah satu sisinya selesai, sisi lainnya menyusul. Pemasangan pasak ini dilakukan sambil menarik secara perlahan-lahan mulsa plastik sehingga menutup bedengan dengan rapat.

Begitu penanaman cabai dengan menggunakan Mulsa, jangan lupa lakukan perawatan harian hingga panen dengan Paket Duo Ampuh, M21 dan Biotogrow.

TEKNOLOGI DUO AMPUH, Biotogrow dan  M21 DECOMPOSER adalah solusi cerdas dalam menjaga, merawat tanaman dari  awal tanam sampai penen sekaligus menjaga dan mengembalikan kesuburan tanahnya.

Yuk .. Suburkan Negeri, Sukseskan Petani…!!!

Biotogrow Panen Tenan.. !!!

 

Temukan Kami di

Facebook : biotogrow

Youtube : PUPUK ORGANIK PROBIOTIK

Website : www.agroprobiotik.com

Instagram:  https://www.instagram.com/biotogrow_official/

 

Info dan Order:

Jam Kerja:

  • Senin-Sabtu : 08.00 – 16.30 WIB

Phone/ Whatsapp:

  • 0821 3414 1276
  • 0857 2852 4744
  • 0813 9260 5007

atau klik Link berikut ini
https://linktr.ee/biotogrow_official

Shopee: https://bit.ly/BiotoGrow1Liter_ShopeeSehatProbiotik

Related posts

Leave a Comment